PERANAN WARNA DALAM SEBUAH DESAIN

Sebagai seorang desainer kita sebaiknya memperhatikan beberapa hal kecil yang dapat membuat desain yang dibuat menjadi sempurna. Warna merupakan bagian terpenting dalam sebuah desain. Penggunaan dan pemilihan warna yang tepat dapat memberikan kesan yang baik, bahkan bisa menjadikan desain yang kita buat berubah sebagai karya yang sangat luar biasa.

Dalam rutinitas sehari-hari, tentu kita tidak dapat lepas dari warna, bagaimana dimulai dari melihat warna cat tembok kamar dan diteruskan dengan melihat warna keramik di toilet, handuk, baju, meja makan dan masih banyak warna-warna yang mungkin akan kita lihat dalam perjalanan menuju kampus ataupun kantor. Tapi terkadang kita akan sedikit terganggu jika melihat sebuah kombinasi warna yang buruk dan tidak bertanggung jawab dalam penggunaan warna yang diterapkan pada sebuah desain. Disinilah pentingnya, kenapa kita harus sangat berhati-hati dalam pemilihan warna yang akan digunakan.

Seorang desainer seharusnya memiliki pengetahuan yang cukup tentang teori warna, jika tidak, sebaik apapun desain yang dibuat tetap akan terlihat buruk dimata penikmatnya (rugi kan….)

Alasan kenapa warna itu penting.

 

Kita tentunya tidak dapat menyangkal bagaimana pentingnya warna dalam kehidupan sehari-hari. Warna memaminkan peran yang sangat penting dalam membuat sesuatu yang indah menjadi jelek dan begitu juga sebaliknya. Hal ini dikarenakan kita akan lebih mudah menyerap sesuatu melalui/dalam bentuk visual dan warna memiliki peranan disitu.

Pada dasarnya warna dapat mengubah cara kita berpikir, mungkin kita dapat memperhatikan bahwa beberapa warna dapat membawa efek yang sangat menenangkan untuk mata dan otak dan beberapa warna lainnya dapat mengganggu kita.

Kita harus berhati-hati saat memilih warna yang akan digunakan pada sebuah desain. Karena setiap warna memiliki arti tersendiri dan setiap warna dapat mewakili setiap pesan yang akan disampaikan. Saat pemilihan warna, kita harus menghilangkan sifat “ego” dalam penerapannya ke sebuah desain. Kita tidak bisa melanjutkan skema warna yang dipilih hanya dikarenakan kita berpikir bahwa desain yang dibuat sudah tampak sempurna. Yang perlu dan selalu kita tanyakan pada diri sendiri adalah “Apakah desain yang dibuat sudah mampu menyampaikan pesan yang tepat kepada penikmatnya?”

 

 “Selain bentuk, warna juga harus mampu menyebarkan pesan yang diinginkan secara tepat dan benar kepada audiens-nya”

 

 

Kesimpulan

Pemilihan warna yang tepat akan memberikan sebuah kesan yang tepat pada desain yang dibuat, dan pastikan pula bahwa warna yang digunakan adalah representasi sebenarnya dari desain yang dibuat (misalnya logo/merek, dll). Apabila dalam sebuah desain yang kita buat menggunakan dua atau tiga warna secara bersama-sama, pastikan warna-warna tersebut terlihat harmonis.

 

Warna dapat meningkatkan keindahan dari desain yang dibuat atau justru dapat merusak keindahan dari desain yang kita buat

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: